Sperma Anda Bisa Sehat, ini Penyebabnya !

Sperma Anda Bisa Sehat, ini Penyebabnya !

Sperma Anda Bisa Sehat, ini Penyebabnya !

Untuk memungkinkan terjadi pembuahan sempurna pada sel telur yang dimiliki perempuan, diperlukan dukungan kesehatan sperma. Masalahnya, biarpun dari pihak wanita telah memungkinkan untuk mendapatkan keturunan, namaun bila status kesehatan sperma yang ada kurang mumpuni, maka proses pembuahan yang berlanjut kehamilan sulit untuk bisa terjadi.

Namun bila Anda tengah menjalani program dan sedang mengalami kesulitan buat mendapatkan momongan, Anda tidak sendiri. Sekitar satu dari tujuh pasangan memiliki persoalan ini. Ketidaksuburan atau infertilitas sering dianggap sebagai masalah Perempuan, padahal 1/3 dari kasus infertilitas disebabkan oleh masalah pada lelaki seperti jumlah sperma yang sedikitNah, betapa pentingnya status kesehatan sperma bagi laki laki, bukan?

Nah yang menjadi pertanyaan, faktor apa saja yang mempengaruhi kesehatan sperma? Bagaimana cara supaya saya bisa memproduksi sperma yang sehat? Apa umur mempengaruhi kesehatan sperma?

Simak penjelasan dibawah ini:

1. Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Kesehatan Sperma?

·         Kuantitas.
Bila pada satu kali ejakulasi terdapat lebih dari 15 juta sperma/ml, kemungkinan besar Anda subur
·         Kualitas
Sperma yang normal memiliki bentuk kepala yang bulat dan ekor yang panjang yang berfungsi untuk pergerakan. Semakin banyak sperma Anda yang memiliki bentuk dan struktur yang normal, maka semakin tinggi kemungkinan tingkat kesuburan Anda
·         Pergerakan
Anda termasuk seseorang yang subur bila lebih dari 40% sperma Anda bergerak.

2. Bagaimana Cara Supaya Saya Bisa Memproduksi Sperma yang Sehat?

·        Lakukan seks yang aman dan monogami
Penyakit menular seksual meningkat risiko ketidaksuburan paling tinggi baik pada laki laki maupun perempuan. Oleh sebab itu, selalu gunakan kondom dan jangan berganti-ganti pasangan
·         Diet yang sehat
Konsumsi banyak buah dan sayur yang tinggi akan antioksidan
·         Hindari obesitas
Riset menunjukkan bahwa obesitas dapat mempengaruhi kesehatan sperma, baik jumlah maupun pergerakannya
·         Hindari stress
Stres dapat menurunkan fungsi seksual dan mengganggu kestabilan hormon yang diperlukan buat produksi sperma
·         Olahraga

3. Bagaimana Cara Supaya Saya Bisa Memproduksi Sperma yang Sehat?

·         Temperatur yang tinggi
Peningkatan suhu pada skrotum dapat mengganggu aktivitas produksi sperma. Untuk menjaga kesuburan, hindari menggunakan celana yang terlalu ketat, meletakkan laptop tepat pada paha/selangkangan Anda, berendam di air panas dan sauna. Bila harus bersepeda, naik motor atau duduk terlalu lama, beristirahatlah sejenak.
·         Rokok
Rokok dapat menurunkan jumlah sperma pergerakkan sperma dan merusak bentuk sperma
·         Alkohol & obat narkotika
Konsumsi alkohol dan narkotika dapat menurunkan kualitas dan jumlah sperma
·         Pelumas saat berhubungan seksual
Pelumas, termasuk cairan ludah, jelly, lotion dan produk pelumas yang dijual bebas dapat menganggu pergerakan sperma

4. Apa Umur Mempengaruhi Kesehatan Sperma?

Pergerakkan sperma dan jumlah sperma yang sehat mengalami penurunan setelah umur 50 tahun. Beberapa riset bahkan menunjukkan bahwa wanita yang hamil dengan pria usia lanjut memiliki risiko keguguran yang tinggi dan memiliki anak yang autis atau gangguan jiwa lebih tinggi.

Suatu studi menyebutkan bahwa pria juga memiliki usia biologis, yaitu berkisar antara usia 40 tahun.

Sama halnya seperti perempuan, lelaki juga mengalami perubahan pada tubuh dan sistem reproduksinya seiring dengan umur. Walaupun produksi sperma tidak berhenti, namun produksi dan struktur transport sperma bisa melemah seiring dengan waktu. 

Pada lelaki usia tua, seiring dengan berkurangnya produksi sperma, risiko paparan seperti infeksi dan rokok juga meningkat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma. Bila DNA sperma lebih dari 40% rusak, maka risiko keguguran juga meningkat.

5. Bila Saya Harus Memeriksakan Diri ke Dokter?

Bila Anda dan pasangan belum memiliki keturunan setelah satu tahun berhubungan seksual tanpa kontrasepsi, berkonsultasilah dengan dokter dan mintalah untuk analisa sperma. 
Sumber : KLIKDOKTER.com
ViewCloseComments